Thursday 29 August 2024

Berkendara di Jakarta Harus Tahu Jadwal Jam Ganjil Genap Jakarta

Walau Ibu Kota Negara sekarang sudah pindah ke IKN (Nusantara) yang ada di Kalimantan sana, namun Jakarta masih menjadi daya tarik sendiri untuk didatangi oleh semua orang, bahkan oleh orang-orang dari luar negeri sana. Jakarta seperti menyimpan segudang mimpi untuk mereka yang ingin mencari perubahan dalam kehidupan, belajar menempa hidup dan kemandirian.

IKN
Ibu Kota Nusantara. Foto: Kemenko PMK

Berpindahnya Ibu Kota negara, sebagai tempat pusat pemerintahan, bukan berarti Jakarta menjadi redup. Jakarta tetap ramai dan semakin maju, masyarakatnya seperti tak begitu perduli dengan perpindahan ini, karena Jakarta sudah di hati. Bagaimana tidak? Apa yang kita butuhkan, semuanya tersedia di Jakarta. Mau mencari apa saja gampang. Jakarta adalah pusat kemajuan Indonesia.  

Di Jakarta mau mencari jenis kuliner apa saja, mudah kita temukan, dari yang kaki lima sampai restoran bintang lima, beragam jenis etnis dan budaya juga ada, semua berkumpul di Jakarta. Banyak event-event seru, seperti konser dari artis ternama, baik dari dalam maupun luar negeri, fan meeting artis-artis Korea, pertandingan olah raga, everything.
Hidup di Jakarta menyenangkan bagi sebagian orang, begitupun sebaliknya, ada yang mengatakan tidak enak tinggal di Jakarta. Namun begitulah kehidupan, baik buruknya bergantung bagaimana cara kita menjalaninya. Seperti motto Pariwisatanya, Enjoy Jakarta!

Di Jakarta kita bisa melihat pembangunan yang begitu pesat, jalur dan alat transportasi yang mengalami banyak perubahan, melihat Jakarta sekarang, seperti melihat kota-kota besar di belahan dunia lainnya. Walaupun Indonesia masih menjadi negara berkembang, namun Jakarta seperti pengecualian.

Ke Jakarta Naik Kendaraan Umum

Well, saat masih tinggal di Bogor, saya sering sekali pergi ke Jakarta, karena suatu pekerjaan. Biasanya saya ke Jakarta menggunakan transportasi umum, dimulai dari naik Commuter Line, lanjut ojek atau taksi online, angkot atau tergantung tempat tujuan yang mudah dijangkau oleh kendaraan. 

Naik kendaraan umum memang sedang digalakkan oleh pemerintah, hal ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan, akibat volume kendaraan yang memadati jalanan dan penyebab polusi udara. Karena kita tahu, tingkat polusi dan pencemaran udara di Jakarta oleh asap kendaraan sudah sangat mengkhawatirkan. Apalagi macetnya, Jakarta memang terkenal dengan kemacetan jalanan, apalagi di jam-jam sibuk orang-orang berangkat dan pulang beraktivitas.

ganjil genap Jakarta
Jakarta, foto: planetban

Berkendara dengan transportasi massal menjadi salah satu solusi yang diterapkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, pemerintah juga menerapkan kebijakan kendaraan bermotor untuk mematuhi aturan jadwal ganjil genap Jakarta.

Saat pertama kali mengetahui aturan Ganjil Genap Jakarta ini, saya sempat bingung, "apa sih maksudnya ganjil genap?" Kendaraan yang seperti apa yang boleh atau tidak boleh dikemudikan saat aturan ini diberlakukan di Jakarta?

Banyak yang bingung seperti saya, namun seiring berjalannya waktu, masyarakat yang sedang membawa dan mengemudikan kendaraan di jalanan Jakarta mulai paham tentang aturan ganjil genap di Jakarta.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mematuhi aturan ini, transportasi umum pun semakin menjadi favorit semua orang. Pemerintah juga terus membangun jalur-jalur transportasi baru untuk mempercepat mobilitas, agar dapat memenuhi kapasitas yang dibutuhkan, baik rute di dalam kota maupun rute yang menyambungkan jalur transportasi antar kota di wilayah Jabodetabek.

Berkendara di Jakarta harus Tahu Jadwal Jam Ganjil Genap Jakarta

Tentu saja, ada saja yang tidak bisa melepaskan kendaraan pribadi saat harus melakukan perjalanan dan berkendaraa di Jakarta, terutama buat mereka yang mobilitas tinggi. Masyarakat yang seperti ini harus memahami jadwal ganjil genap Jakarta yang sudah diberlakukan. 

oleh karena itu, penting buat kita semua mengetahui hal ini, baik masyarakat setempat, maupun yang sedang berencana berkunjung ke Jakarta. Jadwal ganjil genap Jakarta memang tidak sepenuhnya diberlakukan di semua ruas jalan di wilayah Jakarta, ada wilayah-wilayah tertentu saja dan di waktu rush hour saja. Lalu ada pula kendaaan-kendaraan tertentu yang mendapatkan pengecualian, yang boleh bebas 'menabrak' aturan ganjil genap Jakarta, seperti Ambulan, angkutan umum dengan plat kuning, sepeda motor, kendaraan khusus yang mengangkut BBM, logistik dan juga kendaraan khusus dari pemerintahan.

Sebenarnya, dimanapun kita mendatangi suatu tempat, kita harus mematuhi aturan yang berlaku. Mau kita sedang bertamu sebentar ke rumah tetangga sekalipun, apalagi ini jika kita sedang berkendara di jalanan. Selain untuk keselamatan tentunya, aturan-aturan tersebut tentu saja untuk kenyamanan bersama.

5 comments:

  1. Terimakasih infonya ka

    ReplyDelete
  2. Oh, klo di Jakarta ada aturan jadwal ganjil genap gitu ya
    Makasih Jugaa Infonyaa👍

    ReplyDelete
  3. Pernah ke Jakarta, agak lama dpt taksi online, ternyata kata pak supirnya, karena ada aturan jadwal ganjil genap seperti itu ya?

    ReplyDelete
  4. Nanti klo kita main ke Jakarta, musti liat jadwal ini ya, yang?

    ReplyDelete
  5. Baru tau lho soal aturan begini, maklum orang daerah blm pernah ke Jakarta

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin