Wednesday 22 May 2024

3 Resep Masakan Simple dan Praktis Pakai Air Fryer

Menjadi orang tua baru ternyata cukup melelahkan buat saya, dalam artian, ada banyak hal baru yang harus saya pelajari dalam menghadapi Noura (anak pertama kami) yang saat ini berusia satu tahun dan sudah bisa jalan dan lagi suka sekali makan cemilan. Namun saya harus berpikir ekstra mencari cara agar dia mau makan, karena Noura lumayan picky eater, sejak mulai mpasi. Dia hanya mau makan makanan yang renyah dan garing, seperti kerupuk atau cemilan yang kering-kering. Dan itu berdampak pada tumbuh kembangnya, berat badannya jadi susah naik, badannya jadi kecil mungil, tapi dia sangat aktif sekali.

Reasons to love your new air fryer - Mayo Clinic Health System

Banyak resep mpasi yang sudah saya coba, dari yang mudah sampai yang susah, tapi Noura memang moodnya gampang berubah. Dan banyak orang mengatakan, anak-anak itu memang ada fasenya susah makan. Dan saya tidak mau terlalu memaksakan dia harus makan makanan pokok. Selama cemilan yang dia makan sudah cukup dan lengkap takaran gizinya, ada protein, karbo dan sayuran, saya akan biarkan dia makan semaunya dia saja. Namun ya rasanya sedih jika anak masih belum mau makan, padahal kita sudah capek-capek masak.


Selama ini saya selalu mencoba kreatif dengan bahan makanan yang ada agar makanan Noura lebih bervariasi. Masak simple dan praktis cara saya untuk menghindari stress ketika Noura mulai moody dan pilih pilih makanan. Yang terpenting saya selalu memperhatikan kebersihannya.

Well, saya coba masak pakai Air Fryer dengan resep yang mudah dibuat. Ada 3 resep masakan simple dan praktis pakai Air fryer yang sering saya buat dan Noura suka, saya buat Brokoli Air Fryer yang crispy dan sehat. Resepnya tentu saja saya cari di google atau di sosial media.

1. Brokoli Air Fryer
    
    Bahannya cuma butuh Brokoli yang masih segar lalu dipotong-potong kecil, taburi garam dan merica sedikit saja. Lalu masukkan Brokoli ke dalam air fryer dan siram atau tuang minyak zaitun. Masak selama 4 - 5 menit dengan suhu 150 derajat. Lalu keluarkan sebentar, percikkan air sedikit saja kalau mau sedikit lebih empuk. Dan masak lagi selama kurang lebih 5 menit.

Setelah masak, Brokoli Air Fryer siap diberikan kepada Noura, namun sebelumnya ditaburi dulu dengan parutan keju agar lebih nikmat. Noura lumayan suka, karena ada makanan yang dia pegang, rasanya manis dan gurih. 

Resep Brokoli oven oleh piyantina - Cookpad

Untuk proteinnya, saya buat menu Baked Fish atau Udang Crispy. 

2. Baked Fish

    Baked fish ini juga lumayan mudah membuatnya. Ikannya bisa menggunakan Salmon, Tuna, atau Tenggiri, yang paling mudah didapat bisa pakai ikan Tongkol, namun disarankan pilih ikan yang masih segar. Potong-potong sesuai selera lalu lumuri garam dan merica dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. 

Untuk bumbu marinasinya, cuma butuh 3 bahan, Jahe, Bawang Putih dan Madu yang dihaluskan dicampur jadi satu, lalu dilumuri ke semua bagian potongan ikan. Setelah itu tinggal dipanggang menggunakan air fryer selama kurang lebih 5 menit dengan suhu 180 derajat.

Resep Ikan Panggang ala Jepang, Inspirasi Masak dari MasterChef

Kalau sudah matang tinggal ditata dipiring saji, Noura suka sekali 'nyomot' baked fish ini. 

Untuk Udang Crispy agak jarang dibuatnya, walaupun cara buatnya juga sangat simple dan praktis, cuma dimarinasi dan dilumuri dengan tepung roti.

3. Macaroni Schotel

    Resep yang ketiga ini lumayan effort membuatnya, bahannya simple, cuma butuh macaroni, bawang bombay, keju, telur, daging, wortel atau brokoli, dan susu UHT. Bumbunya juga cuma pakai garam, bawang putih, lada dan oregano.

Resep Macaroni Schotel ini sering sekali saya buat di rumah, bahkan sebelum ada Noura. Dan biasanya saya masaknya pakai oven listrik, karena belum punya Air Fryer Oven. Mudah-mudahn suatu hari nanti saya punya air fryer oven, sehingga masaknya jadi lebih praktis lagi.

Sebenarnya ada banyak resep simple dan praktis masak pakai air fryer. Tapi saya memilih untuk masak yang itu saja, yang penting sekarang Noura mau makan.

3000 Series Airfryer L HD9200/91 | Philips

Nah, kalau bicara air fryer, sekarang ini juga sudah banyak sekali merek-merek air fryer di pasaran, dari yang murah hingga mahal, dari yang merek abal-abal hingga merek yang sudah kita kenal dan awet seperti Air Fryer Philips. Produk-produk Philips memang sudah tak diragukan lagi.

Banyak orang merekomendasikan masak pakai Air fryer agar lebih sehat dalam minyak yang kita konsumsi, yang biasa kita gunakan untuk menggoreng. 

Sumber ilustrasi foto: Dari Google

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin